asmara tiada pernah mengenal musim. bersemi pada siapa pun dalam kehidupan. mekar dibungakan.dan wangi pun diharumkan

Senin, 14 April 2008

edisi 14

Simbangan Burung Laut

Biar angin sekencangkencangnya
Menyapu wajah laut bergelombang
Biar pantai menceritakan dukanya
Sebab akulah burung laut
Yang mengabarkan ke jagatjagat
Gelombangdemigelombang adalah
Debur dalam jiwaku
Merajah rindu di pasirpasir
Aku menari sendiri
Agar aku tiada mengenal lagi masasilamku
Menggantung pada tebingtebing batu
Maka bersenjalah semesta
Kurindukan matahari menjadi segumpal darah
Mengalir dilazuardilangit dan laut
Perahuperahu nelayan telah lama menepi
Batubatu karang telah menjadi arca sunyi
“ tiada letih hatiku merindu
rindulah badan harapan tak sampai
apalah artinya lama menunggu
airmata pun jatuhlah berderai “
Katakan pada angin : akulah laut
Katakan pada laut : akulah gelombang
Katakan pada gelombang : akulah pantai
Katakan pada pantai : akulah pasir
Katakan pada pasir : akulah buih
Katakan pada buih : akulah rajah yang merindu
matahari
Katakan pada matahari : akulah burung

Yang menari membusur langit
Yang menari menghembus angin
Dukaku duka pantai
Dukaku duka perahu
Dukaku duka karang
Dukaku duka merindu
Maka segumpal darah yang mengalir dalam jiwaku
“ tak gelombang tak laut
tak laut tak pantai
simbang oi, simanggu kacil
manyaru
kasih jangan bacarai“
Simbang oi,
Atas nama cinta
Arung pada di masyrik
Arung pada di magrib
Arung pada di paksina
Arung pada di daksina
Simbang oi,

simanggu kacil : nama gamelan Banjar sekarang
berada di Museum Pusat Jakarta
sedang pasangannya yaitu simanggu
basar berada di Museum Lambung
manyaru : memanggil
bacarai : bercerai


Gurindam Buat Sang Kekasih

Aku adalah bahtera
Maka kau beri aku laut

Kau adalah pantai
Maka kuberi kau ombak

Aku adalah nakhoda
Maka kau beri aku kemudi

Kau adalah dermaga
Maka kuberi kau sauh

Tapi jika bahtera merapat ke dermaga
Pintaku jangan kau ajalkan rinduku

Banjarbaru,1981

Tidak ada komentar: